Oleh: Jauhari | Januari 1, 2012

Profil Matematika Non Kependidikan UPI Bandung

Program studi matematika merupakan salah satu program studi di Jurusan Pendidikan Matematika, selain program studi Pendidikan Matematika, pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Program studi  ini berdiri sejak tahun 1999. Tujuan adanya program studi ini adalah menghasilkan sarjana-sarjana dalam bidang matematika, dengan gelar, sarjana sains (S.Si). Sejak tahun 2003, program studi ini sudah menghasilkan lulusan, yang kini tersebar ke berbagai instansi yang ada di penjuru tanah air: sebagai staf di perusahaan-perusahan (industri, perbankan, dll) atau instansi-instansi pendidikan sebagai calon matematikawan atau staf akademis.

Kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum terbaru tingkat sarjana matematika, tahun 2006 dengan edisi revisi 2008, dengan sistem satuan kredit semester (SKS), dengan beban studi sebanyak 144-146 SKS. Sistem dengan beban studi sebanyak itu mengacu pada kurikulum nasional dan international terbaru dari berbagai universitas terkemuka di tanah air dan luar negeri. Beban studi ini idealnya dapat ditempuh oleh mahasiswa selama 8 semester, dengan tiap semesternya sekitar 18-20 SKS, bahkan bisa ditempuh lebih cepat bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis unggul.

Dilihat dari konsentrasi kajian bidang studi, di Prodi Matematika ada lima konsentrasi, yakni konsentrasi Analisis, Aljabar, Statistika, Terapan, dan Komputasi. Konsentrasi kajian bidang studi ini dipilih oleh mahasiswa sesuai minat dan kemampuannya sejak semester 6 alias awal tahun ketiga masa studinya.

Berdasarkan pengalaman selama ini, kelima konsentrasi kajian bidang studi tersebut dapat berjalan dengan baik berkat ampuan para tenaga akademis (staf dosen) yang memiliki keahlian di bidangnya. Hingga saat ini Prodi Matematika memiliki sekitar 57 staf dosen, baik lulusan Perguruan Terkemuka Luar Negeri atau pun tanah air, dengan sebaran kualifikasi keahlian seperti  berikut:

–         18 staf dosen sudah berkualifikasi sebagai doktor, tersebar dalam kajian aljabar, analisis, terapan, kombinatorika, komputasi, dan pendidikan matematika.

–         36 staf dosen sudah berkualifikasi magister, juga tersebar dalam kajian aljabar, analisis, statistika, komputasi, terapan, dan lainnya

–         3 orang staf sedang menempuh studi magister

Di samping aktif dalam dunia akademis di lingkungan kampus: pengajaran dan penelitian, beberapa staf dosen matematika aktif pula di berbagai aktivitas profesional. Seperti: sebagai ahli dalam pelatihan dan pengembangan serta juri berbagai olimpiade matematika tingkat nasional baik jenjang SD, SMP, SMA, juga Perguruan Tinggi; konsultan di berbagai instansi pendidikan; dan pengajar di berbagai perguruan tinggi swasta terkemuka di tanah air.

Selain faktor kurikulum dan juga tenaga pengajar, demi kelancaran proses perkuliahan, Prodi Matematika menggunakan berbagai fasilitas berstandar internasional, sebagai berikut:

–         Gedung berstandar internasional, Hibah dari JICA (Japan International   Cooperation Agency)

–         Lab Komputer yang tersambung dengan fasilitas internet

–         Lab Matematika

–         Perpustakaan Jurusan, dengan literatur terbaru baik buku ataupun jurnal elektonik international

–         Wi Fi, dan Multimedia pembelajaran di tiap ruang kuliah

Para mahasiswa Prodi Matematika, selain akif dalam kesibukan perkuliahan, mereka pun aktif dalam beragam kegiatan kemahasiswaan dengan skala lokal, nasional, bahkan international. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya adalah seperti berikut:

–         Seminar tingkat mahasiswa

–         Pengembangan tutor sebaya

–         Pengabdian pada Masyarakat

–         Cerdas Tangkas Matematika se Jawa dan Bali

–         Lomba Karya Tulis dan Presentasi Ilmiah tingkat Mahasiswa

–         Olimpiade matematika tingkat nasional

–         International Olympiads on Mathematics

Dari beragam aktivitas mahasiswa tersebut, salah satu kegiatan bertaraf international yang 4 tahun terakhir ini menjadi kebanggaan Prodi Matematika adalah dengan berhasilnya para mahasiswa menempatkan diri sejajar dengan para mahasiswa dari berbagai Universitas Terkemuka yang lebih senior di Tanah Air, untuk mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Matematika tingkat internasional. Beberapa mahasiswa yang telah berhasil mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade international tersebut, di antaranya adalah: Al Jupri, Trisno Ikhwnuddin, Herdi Sulaeman, dan Enjun Junaety. Keberhasilan ini tentunya ditunjang oleh berbagai faktor: input mahasiswa yang berkualitas, tenaga dosen yang mumpuni, kurikulum yang bermutu, dan fasilitas yang bertaraf internasional.

Di ajang nasional, kegiatan mahasiswa dalam bentuk penyelenggaraan seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika selalu mendapat sambutan hangat dan luas dari berbagai kalangan. Para pembicara kunci berhasil didatangkan dari universitas terkemuka dunia, seperti dari Jepang, Belanda, dan negara-negara maju lainnya. Para pemakalah pun berbondong-bondong berperan serta dari hampir seluruh perguruan tinggi terkemuka tanah air. Tak kalah hangatnya, kegiatan mahasiswa dalam CERDAS TANGKAS MATEMATIKA, selalu berjalan sukses dan dianggap sebagai agenda tahunan yang wajib terlaksana, mengingat sudah dinantikan para peserta dari berbagai sekolah di pulau Jawa dan Bali.

Dalam bidang penelitian, para staf dosen Prodi Matematika dalam beberapa tahun terakhir ini telah mempublikasi beberapa artikel, baik dalam jurnal internasional ataupun nasional, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Topologi ruang ideal primitif dari Aljabar Toeplitz (2007)
  2. Dinamik pada sistem 3-Massa yang Dieksitasi (2009)
  3. Intergal Markov (2009-2010)
  4. Dekomposisi Produk Silang Aljabar C* (2008-2010)
  5. Sistem Dinamik (kolaborasi dengan ITB, 2009-2011)
  6. Numerical Radium Operation Norm (Kolaborasi dengan Chiba University damn Gunma University, 2007-2010)
  7. Mekanika Kantum dan Aljabar C* (2006)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: